Bakwan Jagung Wannabe

Night – Pontianak

Yeah…, I am ROCCKKK.

Pagi-pagi di dapur, temanku bertanya kepadaku bahan baku bikin bakwan…, saya sendiri langsung mengira-ngira jawabannya, otakku berputar dengan keras mengingat gimana penjual gorengan di tepi jalan meracik bumbunya…, dengan pede saya jawab, “ corn flour kali, apa plain flour ya? Tapi sepertinya keduanya bisa dech…., telur ama air. Trus sepertinya garam ama merica.”.

Jelas sendiri saya ragu dengan resep yang saya kemukakan, tapi sudahlah yang penting gayanya dulu, benar atau salah diurus belakangan. Tapi namanya penasaran dengan jawabanku sendiri saya mulai iseng mencoba membuatnya…. Nah setelahnya saya mulai membongkar isi kulkas…, sip dapat telur, trus di lemari ada corn flour, dan kebetulan air, garam dan merica juga ada… bumbu perkiraanku sudah lengkap, yang kurang hanya jagung. Yah…, bingung juga ngga ada jagung, ku bongkar freezer dapatnya malah kacang polong beku, ada kol dan wortel serta mixed seafood.

Polong beku, wortel, kol dan mixed seafood ini sudah siap jadi, kondisi terpotong dalam plastic di freezer…, beku abis dech. Untung aja otakku berfungsi dengan baik…., kumasukkan semua ke dalam mangkok…, trus masukin ke microwave set 2 menit…, tik…, tak…, tik…, tuk…., akhirnya selesai, setelah ku cek ternyata sebagian bawahnya masih dingin aja…, sial nambah 1 menit lagi dech di microwave….

Nah kali ini adonannya…, semua bahan sudah lengkap…, tinggal meraciknya saja… Kusediakan mangkok, trus dengan pede memecahkan dua butir telur dan memasukkan corn flour. Sip…., sukses memasukkan, kuaduk dengan garpu…., ih.., rasanya berat banget ngaduknya. Hasilnya dalam sekejap mata kuperhatiin lho kok corn flour dan telurnya ngga nyatu, malah jadi seperti gumpalan-gumpalan kerikil di dalam telur. Tidak kekurangan akal kumasukkan air sedikit…, ternyata sesuai dugaan yang tidak kuharapkan…., makin hancur aja tuh adonan, mana tangan jadi kotor lagi…, najis abis, terpaksa ku buang tuh adonan.

Sesi kedua, kali ini setelah kegagalan pertama dicoba lagi yang kedua…, masukkan air ke mangkok, trus masukin corn flour…, abis diaduk ternyata berat banget…, gila butuh tenaga juga. Kuperhatikan tepungnya mengental…, pasti salah tepung nih…, dari dugaanku mustinya pake sepupunya si plain flour dech. Yah…, karena pantang menyerah ku isi air lagi, hasilnya malah terlalu encer…, terpaksa dech kumasukkan tepung lagi hingga merasa pas…. Nah tentu saja perjuangan tidak berakhir disini…, siapkan lagi dua butir telur pecahin lagi dan aduk dengan corn flour tadi…, yes kali ini sukses. Dengan mengira-ngira takarannya saya mulai memasukkan garam dan merica…., trus sip dech sukses haha….

Perjuangan ternyata tidak berhenti sampai disini…, seorang pejuang masih harus berusaha menyelesaikan misinya…. Dengan penuh tekad bulat kumasukkan kacang polong, potongan wortel dan kol serta mixed seafood tersebut, kemudian diaduk hingga merata… Tatapan rasanya berbinar-binar…, seorang Night bisa juga berjuang sampai segininya…, tapi jujur saja ku ragukan rasanya kalo sudah jadi. Saya terpaksa merenung agak lama…, kemudian terlintas ide menggunakan garlic, kan biasanya makanan jadi harum dimasukin garlic…, kusiapkan dua siung, dirajang halus dan dimasukkan ke adonan.

Persiapan selanjutnya adalah minyak dan wajan…, kuambil olive oil, tapi setelah lama memperhatikan saya ngga rela melihat olive oil-ku terpakai dengan boros…, kulihat ada canola oil punya ngga tau siapa jadi dipake aja haha… Minyak akhirnya mendidih, dengan ragu kumasukkan adonan ke wajan… Melihat minyaknya perasaanku uda ngga enak sendiri, bayangan kolesterol, lemak dll…, itu belum ditambah tanganku bakalan belepotan kena semprot percikan minyak dan rasa tidak sukaku jika tanganku terkena minyak…, tapi gimanapun tekad tetap harus dilaksanakan, masa uda separuh jalan trus mundur sih….

Sedikit demi sedikit akhirnya bakwannya jadi…., tapi kulihat adonan masih banyak…, wah lama juga goreng ginian, bikin bête abis. Terpaksa jurus pamungkas keluar dech, kumasukkan semua adonan yang masih banyak ke dalam wajan tanpa sisa, beres deh. Bayanganku jadinya bakalan gede lebar…, yup ternyata betul, jadinya bukan bakwan lagi tapi pancake haha… Akhirnya misi selesai, tadinya kupikir bakalan jadi bakwan jagung tapi hasil akhirnya malah jadi pancake kacang polong plus seafood.

Setelah jadi apakah kucicipin? Tidak sama sekali, bentuknya saja ngga menggiurkan sama sekali kok, malah tengahnya kayak ngga matang. Setelahnya kutinggalin sejam balik lagi trus ku foto yang paling gede karena ngga punya malu pengin nampilin kenorakan Night…

Oh iya setelah kasus ini saya belajar bahwa saya memang ngga doyan masak dan perjuangan masak sangat berat hikz…

1bakwan


About this entry