Simbol Naga

Night

chinese-dragon-red.jpg_final_fire-dragon-color-mystic_resize.jpg

Naga, symbol ini selalu diagungkan dan ditakuti.

Naga, pada mitos dibarat adalah sosok yang menakutkan. Dalam cerita dan dongeng yang sering didengar, naga selalu identik dengan sosok menakutkan. Mitos di barat selalu demikian, mahkluk ini digambarkan sebagai sosok yang menteror ketentraman.

Cerita dongeng yang sering di dengar misalnya, naga yang menyandera putri dan pangeran yang harus menghadapi sang naga untuk membebaskan putri. Atau juga naga yang menteror suatu kerajaan, sosoknya selalu demikian di mitos barat. Berbadan seperti dinosaurus, sayap pada tubuhnya, wajah menyeramkan seperti buaya.

Bandingkan dengan mitos di timur yang selalu dikagumi dan dihormati. Dalam cerita seringkali digambarkan sebagai sosok yang agung, mahkluk yang selalu melindungi. Dianggap sebagai dewa, lihat saja Kaisar China jaman dulu, bajunya berwarna emas dengan motif naga, sandingannya sih Phoenix si burung api.

Sosoknya bertolak belakang dengan mitos barat, bahkan gambarannya juga berbeda. Jika dibarat diidentikkan dengan bentuknya yang seperti dinosaurus, di timur justru seperti ular besar dengan kaki yang banyak, meliuk di udara, tidak memiliki sayap, dan berwajah menyerupai buaya dan singa.

Sepertinya ngga heran jika symbol ini banyak disukai orang, symbol yang antara diagungkan dan ditakuti. Antara terang dan gelap. Tiba-tiba pengin ngetik tentang Naga doank…, wah ngga sampai 1 halaman ni. Saya juga jadi bingung kenapa tiba-tiba malah ngetik nulis soal naga hehe…

Walaupun favoritku tetap kelelawar haha… Yeah.


About this entry